Ubudiyah Blog Contest 2015 : Ubudiyah Menuju Cyber 2025

7:35 AM Muhammad Adil 4 Comments

Assalammualaikum.. :)
Kurang lebih 1 tahun gak ngeblog, banyak sarang laba-labanya blog ini.. :v

Ini postingan pertama saya di penghujung tahun 2014, gak terasa  udah mau tahun baru lagi.. :D



Kali ini saya akan menulis tentang "Ubudiyah Menuju Cyber 2025", Salah satu tema dari event "Ubudiyah Blog Contest 2015" yang dibuat Oleh UKM Cyber 'Universitas Ubudiyah Indonesia' atau UUI, Tahun lalu UUI juga mengadakan Perlombaan Blog yang sama, tahun lalu Alhamdulillah saya menjadi Juara I dalam lomba tersebut,  mungkin sudah tidak asing lagi
ditelinga kita mendengar kata "Cyber" apasih Cyber itu?
ni saya jelasin sedikit kutipan kata dari internet.

Kata ‘cyber’ merupakan singkatan dari ‘cyberspace’, yang berasal dari kata ‘cybernetics’ dan ‘space’ Istilah cyberspace muncul pertama kali pada tahun 1984 dalam novel William Gibson yang berjudul Neuromancer. Cyberspace oleh Gibson didefenisikan sebagai:

    Cyberspace. A consensual hallucination experienced daily by billions of legitimate operators, in every nation ….. A graphic representation of data abstracted from banks of every computer in the human system. Unthinkable complexity. Lines of light ranged in the nonspace of the mind, clusters and constellations of data. Like city lights, receding.

Dari defenisi di atas dapat dilihat bahwa pada awalnya istilah cyber tidak ditujukan untuk menggambarkan interaksi yang terjadi melalui jaringan komputer. Pada tahun 1990 oleh John Perry Barlow istilah cyber diaplikasikan untuk dunia yang terhubung atau online ke internet.

Bruce Sterling kemudian memperjelas pengertian cyberspace, yakni:


    Cyberspace is the ‘place’ where a telephone conversation appears to occur. Not your desk. Not inside the other person’s phone in some other city. The place between the phone. The indefinite place out there, where the two of you, two human beings, actually meet and communication.

Yang saya kutip dari beberapa defenisi yang telah diuraikan diatas dapat disimpulkan bahwa cyberspace merupakan sebuah ruang yang tidak dapat terlihat. Ruang ini tercipta ketika terjadi hubungan komunikasi yang dilakukan untuk menyebarkan suatu informasi, dimana jarak secara fisik tidak lagi menjadi halangan.

Dan Sesuai Visi 'Universitas Ubudiyah Indonesia' untuk menjadi WORLD CLASS CYBER UNIVERSITY pada tahun 2025 sangatlah mungkin untuk dicapai, apalagi sekarang dimana-mana sudah ada internet khususnya di Banda Aceh, hampir semua warung kopi menyediakan akses free WiFi, sehingga memudahkan kita untuk bermain internet dimanapun kapanpun, dan mungkin nantinya Kota Banda Aceh akan menjadi Kota Cyber, yang segala sesuatunya menggunakan internet.

Dengan berbagai usaha yang dilakukan 'Universitas Ubudiyah Indonesia' saya sangat yakin akan impian itu, saat ini UUI telah melakukan kerjasama Internasional dengan berbagai negara dan itu membuka peluang untuk UUI semakin dikenal oleh negara luar.

Pada tahun 2015 nanti, tepatnya bulan April, Universitas Ubudiyah Indonesia mengadakan International Joint Conference of Indonesia  Malaysia Bangladesh Ireland (IJCIMBI) dengan ada event ini Ubudiyah semakin mampu untuk bersaing dengan universitas lain di mancanegara.

Terima Kasih.. :D
Keep Blogging.. ^_^







4 komentar:

  1. wah gawat ni, juri juga ikutan , heheh

    jangan lupa baca artikel ane om http://beritahuaja.blogspot.com/2014/12/mahasiswa-di-negeri-seribu-warung-kopi.html/a>

    BalasHapus
  2. pantas jauara artikelnya, ditunggu kunjung baliknya: http://belajarnegara.blogspot.com/2015/01/sukses-menjadi-mahasiswa-dan-menjadi.html

    BalasHapus
  3. Wah keren pak. Ditunggu feed back ke blog dan tulisan saya. :)

    http://aankrida.blogspot.com/2015/01/ubudiyah-dalam-bingkai-kampus-cyber.html

    BalasHapus