Ternyata Add-Ons (Firefox) Firesheep Ternyata Bisa jadi VIRUS

8:31 AM Muhammad adil 0 Comments


Saya baru tahu dari detikINET kalau Add-ons Firefox (Firesheep), memungkinkan penggunanya untuk melakukan pambajakan akun Facebook atau jejaring sosial lainnya dengan mudah. Lantas bagaimana jika add-ons tersebut berubah menjadi virus?

"Firesheep bisa saja menjadi virus, apalagi kode untuk membuat add-on tersebut disebarluaskan secara bebas," Firesheep memungkinkan penggunanya untuk membajak akun Facebook atau Twitter seseorang dengan mudah.


Caranya adalah: add-ons untuk Firefox ini akan mencuri session cookies yang diberikan oleh server.

Lalu bagaimana jika benar ?'domba api' ini berubah menjadi virus?

"Wah.. pastinya akan membawa dampak yang luar biasa sekali, karena add-ons ini menyerangnya ke http, bukan ke sistem pengguna atau pun server Facebook," tambah Alfons.

Untuk Firesheep, berdasarkan percobaan yang dilakukan, add-on ini hanya bekerja hanya dalam satu cakupan area hotspot saja. Namun hebatnya cookies yang didapat bisa digunakan oleh browser yang berbeda. Penyerangan berbasis http memang belum marak terdengar, namun dampak yang bisa ditimbulkan bisa berakibat fatal karena modus ini tidak peduli sistem operasi apa yang dipakai oleh pengguna. Windows, Linux atau pun Mac bisa saja terserang dengan mudah.

Untuk menghindari serangan firesheep, saya menganjurkan untuk tidak menggunakan fitur 'Remember me' yang ada pada browser.
 
semoga bermanfaat.. ^^

0 komentar: