Cara Membuat Program Portabel

2:32 AM Muhammad Adil 0 Comments

Penggunaan program dengan kapasitas besar sering kali memakan space besar dalam hardis dan juga RAM, hal tersebut membuat kerja dari sebuah komputer tidaklah maksimal, komputer akan cenderung melambat. Salah satu dalam mengatasinya adalah dengan menggunakan program portable tanpa anda harus menginstallnya, untuk membuat program portable anda harus sedikit bermain main dengan registri.

Pertama tama silahkan anda tentukan jenis program apa yang akan anda buat menjadi portable, lalu program apakah yang anda buat menjadi portable. Silahkan anda persiapakan folder khusus pada driive bebas di komputer anda( bukan drive C ), kali ini saya menggunakan IDM/internet download manager  sebagai contoh dalam pembuatan portable. 
membuat portable
Masuklah kedalam menu registri ( ketik ” regedit” pada kolom seacrh start menu)  HKEY_CURRENT_USER lalu pilih folder software dan pilih folder Download Manager dan klick kanan pada folder download manager dan pilih menu eksport dan simpan pada folder yang telah anda buat sebelumnya? Selanjutnay silahkan anda masuk dalam halaman regedit kembali lalu pilih folder HKEY_LOCAL_MACHINE dan pilih folder sofware dan pilih folder Internet download manager , dan klick kanan folder Internet download manager kemudian pilih menu eksport, lalu pilih folder yang telah anda buat sebelumnya, lalu pilih save.
kedua dalam membuat program portable bukkalah editor teks notepad , ataupun editor teks lainya. kemudian pada halaman registri editor, carilah ” HKEY_CURRENT_USER\Aplikasi\download Manager”kemudian klick kana pada key name “Download Manager” pilih copy name, kemudian pastekan keyname yang telah dipastekan tadi pada notepad. Selanjutnya ulangi langkah yang sama pada “HKEY_LOCAL_MACHINE\APLIKASI\Internet Download Manager”, kemudian edit dan sesuaikan key pada notepad tersebut menjadi baris perintah berikut.

[ -HKEY_CURRENT_USER\aplikasi\download manager]
[ -HKEY_LOCAL_MACHINE\APLIKASI\internet download Manager]

kemudian kita save dengan menggunakan menu save as, dan beri nama file unreg.reg, dan save as type = all files.
Langkah selanjutnya adalah mencari direktori instalasi Internet download manager pada drive C ” C\:program files\internet download mananger\” lalu tekan CTRL +A apada keyboard dan copy semua direktori kedalam folder yang telah anda buat sebelumnya.
Selanjutnya bukalah editor tex mananger, atau editor teks lainya, kemudian dengan perintah berikut.

regedit/s reg1.reg
regedit/s reg2.reg
IDM.exe
regedit/s unreg.reg

kemudian simpan dengan nama “setup.bat” kemudian save as type ” All Files”.
Sampai disini sebenarnya program portabel telah jadi. Namun data masih dapat kita simpelkan lagi dengan memanfaatkan program winrar.
Masuklah kedalam folder yang telah kita buat sebelumnya , tekan tombol pada keyboard ” CTRL + A” klick kanan dan pilih menu  ”Add to archive” namun sebelumnya pastikan program winrar telah ter install dalam komputer anda. Pada Achive format pilih RAR, sedangkan pada archiving options aktifkan ” create SFX archive”dan pada bagian compresion method pilih opsi best.
Selanjutnya kita beralih ke tab Advenced , klick button SFX Options. setelah jendelaa Advenced SFX options terlihat, pada tab general pada baagiaan setup program -> run after extraction, dan isikan dengan “setup.bat”pada teks bok yang tersedia.
Selanjutnya pada Advenced SFX options -> modes, sesuaikan dengan opsi opsi berikut
a. Temporary mode, beri tanda cek list pada unpact to temporary folder
b. silent mode, pilih opsi hide all
c. over write mode, pilih opsi overwrite all files
Selanjutnya pada pada advenced SFX options -> models, isikan title yang diinginkan, misalnya” IDM portable by Zulfikariz” dan masukan logo anda pada customise SFX logo and icon, klick button Browese, setelah anda pilih file logo anda lalu pilih selec icon. Selanjutnya pada Advanced SFX options -> module , pastikan pada selek SFX module adalah default. lalu pilih OK.
keluarlah dari halaman Advanced SFX options. dan kembali ke jendela archive name and parameters, ddan klick OK.
langkah akhir silangkan anda masuk kedalam folder yang anda siapkan tadi, dan hapus semua file yang ada kecuali file dengan format .sfx

semoga bermanfaat.. ^^

0 komentar: