Cara Proteksi Flashdisk Dari Autorun.inf Virus

10:52 PM Muhammad Adil 0 Comments

  Baik sobat, langsung pada inti permasalahan, beberapa hari yang lalu saya mencoba membuat file autorun.inf pada flashdisk saya untuk menghalau lompatan virus secara otomatis, alhasil sedikit membantu, walau masih banyak kekurangannya, ternyata ada sebuah program kecil yang mampu membuat file autorun.inf yang dapat melindungi flashdisk sobat dari munculnya versi autorun.inf yang dibentuk oleh virus. Mari kita sedikit review tentang file autorun.inf ini.
Sistem operasi (os) windows sendiri menggunakan file autorun.inf dari removable drive untuk mengetahui mana tindakan untuk melakukan ketika sebuah perangkat penyimpanan eksternal baru, seperti USB drive atau CD / DVD, dimasukkan ke dalam PC. File autorun.inf adalah file konfigurasi yang biasanya terletak di direktori root removable media dan berisi, antara lain, referensi ke ikon yang akan ditampilkan yang berhubungan dengan removable drive atau volume, deskripsi isi dan juga kemungkinan untuk menentukan program yang harus dijalankan secara otomatis ketika unit terpasang.

Masalahnya adalah bahwa fitur ini, secara luas digunakan oleh malware untuk menyebar dengan menginfeksi dengan cepat drive baru yang dihubungkan ke komputer kita. Malware dalam hal ini menyalin autorun.inf kedalam drive dan dieksekusi untuk memodifikasi file autorun.inf sehingga windows membuka file tersebut secara diam-diam secepat drive terpasang. Contoh terbaru dari ini adalah W32/Sality, W32/Virutas dan juga worm W32/Conficker yang selain menyebar melalui kerentanan keamanan jaringan, juga menyebar melalui USB drive.

Seperti itulah virus atau malware ketika akan menginfeksi flashdisk sobat. Bagaimana menanggulanginya? dalam artikel ini menyajikan program kecil bernama Panda Research USB Vaccine untuk membuat file autorun.inf untuk menghalau autorun.inf bentukan virus atau malware. silahkan sobat men download nya disini atau disini.

Semoga bermanfaat. ^^

0 komentar: