Kamus SEO untuk Blogger Newbie (pemula)

1:30 AM Muhammad Adil 0 Comments

Jika Anda memiliki website atau blog, atau jika Anda bekerja dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan Internet, Anda pasti akan perlu tahu sedikit tentang optimasi mesin pencari (SEO). Cara yang baik untuk memiliki blog atau website adalah untuk membiasakan diri dengan istilah -istilah SEO, dan di bawah Anda akan menemukan 20 istilah yang biasa dipakai oleh para webmaster. (Bagi mereka yang sudah tahu SEO, jadikan artikel ini sebagai penyegaran!).

1. Backlink
Backlink adalah suatu hubungan imbal balik antar situs, hubungan tersebut berupa nama alamat situs. Alamat Situs A terdapat di situs B, begitu pun sebaliknya.

2. Pagerank
Sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

3. Linkbait
Suatu artikel atau penggalan artikel yang berada di dalam suatu konten situs/ Blog yang membuat pembaca ingin memberikan link kepada artikel tersebut dari situs milik sang pembaca. Linkbait termasuk salah satu strategi SEO (Search Engine Optimisation) yang memang dibuat untuk maksud ‘menangkap’ perhatian pembacanya.

4. Link Farm
Sebuah website yang tidak memiliki konten yang jelas dan hanya memberikan link keluar dari website tersebut. Kadang kala page rank website seperti ini adalah 0. Web seperti ini bisa dibuat secara manual atau menggunakan software khusus yang secara otomatis mengindeks dari mesin pencari atau search engine seperti google.com di internet.

5. Anchor Text
Bagian penting dari sebuah kode hyperlink yang menghubungkan gambar atau kata-kata ke halaman web atau bagian dari isi halaman lainnya. Anchor text terlihat sebagai tulisan atau rangkaikan kata yang berisi alamat website yang tidak terlihat secara langsung oleh pengunjung situs, namun teks tersebut sebenarnya berfungsi sebagai link.

6. NoFollow
Atribut kode HTML yang digunakan untuk menginstruksikan search engine agar tidak memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya

7. Link Sculpting
Teknik untuk mengatur atribut nofollow yang digunakan untuk meningkatkan pagerank. Teknik ini sudah tidak berlaku lagi setelah google mengubah cara melihat atribut nofollow.

8. SEM
Singkatan dari search engine marketing. yaitu pemasaran suatu situs web melalui search engine. SEM terbagi dua yaitu SEO dan PPC (pay per click). PPC adalah Pembelian traffic dari search engine berdasarkan click (contohnya Adwords pada google).

9. Cloaking
Adalah suatu teknik menampilkan beberapa jenis halaman berbeda pada suatu url halaman web. Hal ini kadang dilakukan untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu. Aktivitas cloaking ini kadang dianggap oleh search engine sebagai spamming.

10. Web crawler
Pada search engine, web crawler juga sering disebut spider atau bot. Ini adalah suatu mesin di dalam search engine untuk menemukan link atau halaman baru pada suatu website. Web crawler merupakan proses yang paling awal dalam pengindex-an di search engine.

11. Robot TXT
Adalah sebuat file tertentu yang ditempatkan pada root domain yang memberikan signal pada bot di search engine tentang struktur suatu website. Robot txt juga dapat digunakan untuk membatasi aktivitas bot mesin pencari pada suatu folder tertentu di dalam website.

Semoga bermanfaat... ^^

0 komentar: